Selasa, 28 April 2009

Paper Webgis

WEB GIS DENGAN MAPSERVER, MAPLAB DAN CHAMELEON ( MS4W )

PERKEMBANGAN WEBGIS

Dari tahun ke tahun GIS (Geographic Information System) berkembang dengan pesatnya. Sekarang ini dikenal istilah-istilah Desktop GIS, WebGIS, dan Database Spatial yang merupakan wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan teknologi GIS ini. Perkembangan GIS mengacu pada berbagai macan aspek, seperti pada bidang tata letak kota, kehutanan, properti, penanggulangan bencana, DLL. Web GIS memiliki manfaat yang sangat besar salah satunya adalah adanya peta online sebuah daerah dimana user/pengguna dapat mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan internet.

Saat ini ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk membangun sistem WebGIS. Salah satu yang paling populer adalah MapServer yang merupakan opensource software. Sedangkan untuk pilihan teknologi Database Spatial, PostgreSQL yang merupakan opensource juga memiliki kemampuan yang tak kalah dengan software-software lain. Selain itu, dalam PostgreSQL didukungan ekstensi spatial yang bernama POSTGIS.

PERANGKAT LUNAK WEBGIS

Macam perangkat lunak yang digunakan dalam webgis sangatlah beraneka ragam. Ada yang gratis ada juga yang tidak. Namun, perangkat lunak yang gratis pun tidak kalah ampuhnya oleh perangkat lunak yang berbayar. Dibawah ini merupakan beberapa contoh perangkat lunak yang gratis alias opensource :

ü MS4W (opensource) : Di dalamnya sudah menyatu aplikasi Apache Web Server, PHP, Map Server dan berbagai library yang dibutuhkan untuk membangun sistem WebGIS. Ada dua buah versi yang MS4W yang dapat didownload, versi 1.x dan versi 2.x .Akan tetapi jika kita hendak menggunakan framework chameleon, lebih baik pilih MS4W versi 1.x (yang digunakan saat ini adalah versi 1.6) karena Chameleon belum mendukung secara sempurna PHP5 pada paket MS4W versi 2.x.

ü Chameleon (opensource) : Lingkungan untuk aplikasi bangunan dengan MapServer.

ü Mapserver (opensource) : MapServer merupakan salah satu aplikasi pemetaan online (web GIS) yang dikembangkan oleh Universitas Minnesota, NASA, dan Departemen Sumber Daya Alam Minnesota (Minnesota Departemen of Natural Resources). MapServer merupakan aplikasi open source yang berarti dapat didistribusikan dengan gratis disertai dengan sumber kode pemrograman apabila ingin mengembangkan lebih lanjut. MapServer dapat dijalankan pada beberapa sistem operasi yaitu Unix/Linux, MacOS dan Windows. MapServer untuk penerbitan data spasial dan pemetaan interaktif untuk aplikasi web.

ü Geoserver : GeoServer merupakan aplikasi penyediaan data geospasial melalui layanan web services dan dapat diakses melalui web (http), aplikasi pemetaan online, dan aplikasi desktop (ArcGIS, WMS/WFS Client). Perangkat lunak ini ditulis dalam Java server yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dan berbagi data geospatial Penggunaan standar yang dikeluarkan oleh OGC memungkinkan layanan yang dihasilkan terbuka dan dapat diakses oleh aplikasi lainnya dalam menggabungkan informasi geospasial.

ü OpenLayers (opensource) : memudahkan untuk meletakkan peta dinamis di halaman web. Dapat menampilkan peta tegel dan tanda diambil dari sumber manapun.


POTENSI WEBGIS

Dalam perkembangannya, aplikasi webgis telah merambah ke berbagai bidang kegiatan dan keruangan. Salah satu aplikasi webgis sering digunakan dalam bidang pertanian dan kehutanan, dimana dalam aplikasi ini webgis berperan dalam pemetaan geospasial yang berhubungan dengan vegetasi.

Selain itu, aplikasi webgis juga bisa digunakan dalam bidang komersial. Aplikasi ini dapat menberikan pendapatan setipa orang yang mau menggeluti bidang ini. Banyak macam yang bisa ditempati webgis untuk masalah komersial, contohnya bidang property, pariwisata, agen, dll. Sehingga prospek besar bagi orang yang dapat memanfaatkan peluang webgis di dunia kerja saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar